Penggunaan Jargon Oleh Anggota AIESEC Unand: Tinjauan Sosiolinguistik

Nia Fitri Effendi, Aslinda Aslinda, Alex Darmawan

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja jargon yang digunakan oleh anggota organisasi AIESEC Unand? (2) Apa faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja jargon yang digunakan oleh anggota organisasi AIESEC Unand dan faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon tersebut. 

                Metode dan teknik peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Penelitian inn terbagi atas tiga tahap, yaitu: (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyediaan hasil data. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode simak yang terdiri dari teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, teknik lanjutan yang digunakan, yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) terdiri dari rekam, catat, dan wawancara. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan translasional, metode padan refensial, dan metode padan pragmatis yang terdiri dari teknik dasar dan teknik lanjutan yaitu Pilah Unsur Penentu (PUP), dan Hubung Bandin Perbedaan (HBB). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data, dugunakan metode penyajian informal. 

 Berdasarkan analisis data, ditemukan jargon-jargon yang digunakan oleh anggota AIESEC Unand. Jargon yang ditemukan adalah: roll call, ori, pre-ori, newie, role, high role, expa, exp, bad case, isi, overwhelmed, op, teamdays, host fam., sustain, drum roll, ice breaking, global village, gtky, etek-etek, sucek, prede, buddies, lcp, lcvp, ocp, oc. Faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon oleh anggota AIESEC Unand yaitu: (1) siapa yang berbicara, (2) kepada siapa berbicara, (3) kapan, (4) di mana, dan (5) mengenai masalah apa.


Keywords


Jargon; Sosiolinguistik; AISEC UNAND

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Jakarta: Refika. Haq, Riyadhul, dan Tri Pujiati. 2019. “Pemakaian Jargon Satuan Polisi Pamong Praja pada Markas Komando Kabupaten Karawang”. Dalam Jurnal Sasindo Unpam, 7(2), 1-13.

Ayu, Wulandari. 2016. “Penggunaan Jargon Oleh Komunitas Chatting Whatsapp” Grup. Jurnal Transformatika, Volume 12, Nomer 2, September 2016. Diakses melalui https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/trnsformatika/article/view/190.

Buktie, Cynthia Rala. 2019. “Jargon Penggemar K-Pop pada akun Fyi.Korea Di Instagram: Tinjauan Sosiolinguistik.” (Skripsi Fakultas Ilmu Budaya), Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Nusa Indah.

Anzania, Lora. 2018. “Jargon Kuli Bangunan di Kota Padang: Tinjauan Sosiolinguistik”. (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Budaya), Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurhuda, Zamzam dan Indah Sari. 2019. “Jargon Pada Grup Whatsapp Ladies Bikers Indonesia”. Dalam Jurnal Sasindo Unpam, Volume 6, Nomor 2. Diakses melalui http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindoarticle/view/2784, pada 15 Oktober 2021, pukul 00.11 WIB . Pateda, Mansoer. 2015. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Fitriani. 2021. “Jargon Barista Kedai Kopi di Kota Padang: Tinjauan Sosiolinguistik” (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Budaya), Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Septian, Harri. 2019. “Jargon Dalam Aktifitas Pertandingan Layang-layang di Kota Padang”. (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Budaya), Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Mulyani, Annisa Tri. 2021. “Jargon Pengguna Kosmetik Pada Akun @beauthingy di Twitter: Tinjauan Sosiolinguistik”. (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Budaya), Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Wulandari, Tine Agustin. 2014. “Hubungan Antara Konsep Diri dengan Keefektifan Komunikasi Antarpribadi. Studi pada Anggota AIESEC Local Committee (LC) Bandung”. Dalam Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 2. Diakses melalui http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7386/3389

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana Universiry Press.

Sudaryanto. 2018. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana Universiry Press




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.17.2.1-22.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nia Fitri Effendi, Aslinda Aslinda, Alex Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Puitika | ISSN: 2580-6009 (Online) 

Published by Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas
Email: puitika@hum.unand.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License