Register Petani Karet di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Cici Kurnia Putri, Leni Syafyahya, Alex Darmawan

Abstract


Penelitian ini membahas tentang register petani karet di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian mendeskripsikan register dan bentuk register yang digunakan petani karet di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi terjadi register petani karet di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung.

Metode yang digunakan dalam tahap pengumpulan data adalah metode simak dengan teknik dasarnya menggunakan teknik sadap. Teknik lanjutan yang digunakan teknik Simak Libat Cakap (SLC), teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik catat, dan teknik rekam. Pada tahap analisis data, digunakan metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Teknik lanjutan yang digunakan teknik Hubung Banding Membedakan (HBB). Dalam tahap penyajian hasil analisis data, metode yang digunakan adalah metode informal.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan register dan bentuk register yang digunakan petani karet di Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bentuk register yang ditemukan, yaitu register terbuka dan register tertutup. Register terbuka, yakni nakiek, mangkik, toke, gota ban, sayak, bak, cuko, batang gota, tampang pora, bolah gota, nambang, tobek, bak tanah, gota boku, gota sampah, sudu gota, gota kawuang, gota embe, anak gota, encer gota, gota bondom, pisau motong, ago, gota koyiang, gota basah, dan maasam. Register tertutup, yakni mamasak, baalui, anak takiek, kalipak sayak, takiek licin, bola rotan, bukak polan, tuai, manobe, kalamban, garubang, cincu, dan gota A, B, dan C. Faktor yang mempengaruhi terjadinya register petani karet di Kecamatan Tanjung Gadang dipengaruhi oleh faktor situasional terdiri dari siapa dan kepada siapa berbicara, kapan dan dimana, bahasa yang digunakan, dan masalah apa.

 


Keywords


register, bentuk, dan faktor yang mempengaruhi

Full Text:

PDF

References


Andi, Srymay Raja. 2018. “Register Petani Padi di Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto”. Skripsi Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Asrinal, Hendri. 2015. “Register Buruh Angkat di Pasar-pasar Kota Padang (Suatu Kajian Sosiolinguistik)”. Skripsi Sarjana Humaniora pada Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Aswadi, Dana dan Erni Susilawati. 2017. Penggunaan Register Berupa Nomina di Kalangan Pedagang Tradisional Pasar Terapung Kota Banjarmasin. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 2, No.2. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/395 diakses 8 Desember 2021.

Bapayuang, Yos Magek. 2015. Kamus Baso Minangkabau. Jakarta: Mutiara Sumber Ilmu.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, Marissa. 2019. “Register yang Digunakan oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi Sarjana Humaniora Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Halliday dan Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukhlis, Ulfiyani, S., & Mualafina, R. F. 2016. “Register dalam Jual Beli Online : Sebuah Tinjauan Sosiolinguitik”. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang, 259–268.

Mustikawati, D. A. 2019. Register Bahasa Transportasi (Studi Pemakaian Bahasa Kelompok Profesi). Seminar Nasional Pendidikan 2015, November, 831–837.http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/download/306/306.

Nababan. 1984. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pateda, Mansoer. 2015. Sosiolinguistik. Bandung: CV Angkasa.

Satrio. 2016. “Register Nelayan di Kenagarian Muaro Kandis Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan”. Skripsi Sarjana Humaniora Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Saydam, Gouzali. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Minang. Padang: Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM).

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2006. Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.18.2.1-14.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cici Kurnia Putri, Leni Syafyahya, Alex Darmawan

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Puitika | ISSN: 2580-6009 (Online) 

Published by Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas
Email: puitika@hum.unand.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License