Idiom Bahasa Indonesia Berupa Bagian Tubuh dalam Koran Padang Ekspres: Kajian Morfologi dan Semantik

Atika Kurnia Ilahi, Noviatri Noviatri, Leni Syafyahya

Abstract


Penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu 1) tahap penyediaan data, 2) tahap analisis data, dan 3) tahap penyajian hasil analisis data. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutannya teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada tahap analisis data, digunakan metode padan, yaitu padan referensial, dengan teknik dasar teknik pilah unsur penentu. Teknik lanjutannya adalah teknik hubung banding membedakan. Selain itu, digunakan metode agih dengan teknik dasar, yaitu teknik Bagi Unsur Langsung. Teknik lanjutannya teknik sisip dan teknik balik. Pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode penyajian informal. Berdasarkan analisis data, ditemukan idiom berupa bagian tubuh manusia yang terdapat dalam koran Padang Ekspres, di antaranya adalah: 1) putar otak terbentuk dari kategori KK+KB yang bermakna ‘berpikir keras’, 2) kepleset lidah terbentuk dari kategori KK+KB yang bermakna ‘salah bicara’, 3) aman di bibir terbentuk dari kategori KS+FP yang bermakna ‘hanya omongan; hanya sekadar diucapkan’, 4) urat nadi terbentuk dari kategori KB+KB yang bermakna ‘jalan raya atau alur lalu lintas (yang digunakan untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lain)’, 5) mata hati terbentuk dari kategori KB+KB yang bermakna ‘perasaan yang dalam’.  


Keywords


idiom, kategori kata, makna, Padang Ekspres

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Baryadi, Praptomo. 2013. “Idiom Yang Berunsur Kata Kerja dalam Bahasa Indonesia”. Jurnal Ilmiah Kebudayaan. Yogyakarta: Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma. 7(1): 46-50.

Khak, Muh. Abdul. 2011. “Idiom dalam Bahasa Indonesia: Struktur Dan Makna”. Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan. Semanggi: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. 39(2): 141-142.

Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Listiyorini, Ari. 2005. “Idiom Berunsur Nama Bagian Tubuh Manusia Dalam Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. 4(2): 178-179.

Ramlan, M. 2009. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: C.V. Karyono.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.16.2.58--73.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atika Kurnia Ilahi, Noviatri Noviatri, Leni Syafyahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Puitika | ISSN: 2580-6009 (Online) 

Published by Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas
Email: puitika@hum.unand.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License