Toponimi Kawasan Penduduk di Kenagarian Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Sastra Putri Juniarti, Nadra Nadra, Alex Darmawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya penelitian toponimi yang dilakukan di daerah Sumatera Barat. Penelitian toponimi di Kenagarian Tanjung Gadang difokuskan pada nama-nama kawasan tempat tinggal penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan arti leksikal dan arti kultural penamaan kawasan penduduk di Kenagarian Tanjung Gadang dan (2) mengklasifikasikan nama kawasan penduduk di Kenagarian Tanjung Gadang berdasarkan asal-usul penamaan.

Dalam pemecahan masalah penelitian ini, terdapat tiga tahap strategis yang dilakukan, yaitu penyediaan data, penganalisisan data, dan penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan adalah metode cakap dan metode simak. Dalam analisis data digunakan metode padan translasional dan padan referensial. Selanjutnya, dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, didapatkan arti leksikal dan arti kultural nama kawasan tempat tinggal penduduk di Kenagarian Tanjung Gadang. Nama-nama kawasan tempat tinggal penduduk di Kenagarian Tanjung Gadang diklasifikasikan menjadi tujuh kelompok. Pengklasifikasian tersebut, antara lain pengklasifikasian nama berdasarkan topografi, tumbuhan, suku masyarakatnya, fungsi daerah, peristiwa yang terjadi, posisi, dan nama binatang.


Keywords


toponimi, nama, arti, leksikal, kultural, asal-usul, klasifikasi

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dwi Intan. 2021. “Nama-nama Daerah di Nagari Sumpur Kudus Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung: Tinjauan Antropolinguistik”. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia V Daring”. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Bapayuang, Yos Magek. 2015. Kamus Baso Minangkabau. Jakarta: Citra Harta Prima.

Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Humaidi, dkk. 2021. “Bentuk Satuan Kebahasaan dan Makna Toponimi Nama Desa di Wilayah Kabupaten Tabalong”. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 30-40.

Muhidin, Rahmat. 2021. “Pemberian Nama Desa atau Kampung di Kabupaten Musi Rawas: Suatu Kajian Toponimi Daratan”. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS), 563-576.

Oktavianti, Siska. 2018. “Nama-nama Daerah di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok: Tinjauan Antropolinguistik”. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas.

Putri, Jossy Fadilla. 2020. “Penamaan Daerah di Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan: Tinjauan Etimologi dan Semantik”. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas.

Rais, Jacub dkk. 2008. Toponimi Indonesia: Sejarah Budaya yang Panjang Dari Pemukiman Manusia dan Tertib Administrasi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Saydam, Gouzali. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Minang. Padang: Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM) Sumatera Barat.

Subroto, Edi. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik (Buku 1 Pengantar Studi Semantik). Surakarta: Cakrawala Media.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Zuriati, dan Ivan Adilla. 2020. “Asal-usul Nama-nama Nagari di Wilayah Darek Minangkabau”. Dalam Pengkajian Sastra Lisan di Sumatera Barat. 185-205. Padang: Ruang Kerja Budaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.18.2.66-79.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sastra Putri Juniarti, Nadra Nadra, Alex Darmawan

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Puitika | ISSN: 2580-6009 (Online) 

Published by Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas
Email: puitika@hum.unand.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License