PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI TEKA-TEKI SILANG (Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat)
Abstract
This action research is aimed at improving the students vocabulary mastery in Indonesian by word game technique., This study was carried out at SD Surakarta 2, Cirebon, West Java from October 2009 to March 2010. The research data were taken from second semester of 6 grade, with 36 students and analyzed qualitatively and quantitatively. This research consist of two cycles. Each cycles which consists of planning, implementation, and action, observation, reflection, and evaluation was done for three three sessions. The result of the two cycles showed the improvement of students’ average score. The students’ average score in Pre-Test were 46,00. Then at the end of the first cycle the students’ average scores were 60,00. And at the last test of the second cycle students’ average score achieve 80,60. It means that the word game technique in teaching and learning activities can improve Indonesian vocabulary mastery in students reading skill.
Key words:Indonesian vocabulary mastery, reading skill, word game technique
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-Teki Silang: Sebuah Penelitian Tindakan di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat” adalah suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca siswa di kelas VI SDN Surakarta 2, Cirebon, melalui teka-teki silang. Penelitian ini dilakukan pada tiga puluh enam siswa yang dilakukan pada tahun ajaran 2009-2010. Metode penelitian yang digunakan adalah tindak kelas atau Action Research dengan analisis data analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Hasil penelitian selama dua siklus memperlihatkan adanya peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui teka-teki silang. Hasil tes awal (pretes) menunjukkan nilai rata-rata 45, tes di akhir siklus pertama menunjukkan nilai rata-rata 61, dan tes di akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa mencapai 80,6. Berdasarkan indikator keberhasilan, nilai tes rata-rata siswa pada siklus kedua yang mencapai 80,6 menandakan bahwa penggunaan permainan kata sebagai teknik pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca siswa.
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Keterampilan Membaca, Teka-Teki Silang
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Adawiyah. 1987. Teka-teki Silang sebagai Salah Satu Teknik untuk Meingkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Menengah Pertama. Skripsi. Jakarta: Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta.
Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, and Asghar. 1979. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Danise, Marcel. 1987. Puzzles and Games in Language Teaching. Licalnwood: National Text Book Company.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta.
Dewi Pramesti, Utami. 2006. Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN I Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat melalui Permainan Kata. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Harefa, Andrias Harefa. 2006. Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi, dan Masyarakat Lewat Proses Pembelajaran. Jakarta: Kompas.
Kasno. 2004. Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa.
MacTurckk, Robert H. and George A. Morgan. 1995. Mastery Motivation arigins, conceptualizations and Applications. New Jersey: Ablex Publishing Corporation.
Mills, Geofferrey. 2000. Action Research: A Guide for The Teacher Researcher. Ohio: Merril, an imprint of Prentice-Hall International, Inc.
Rahmadalia, NengLia. 2004. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Medan Makna di SD Kutajaya I Tangerang. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Santrock, John W. 1996. Child Development Seventh Edition. London: Brown & Benchmark.
Spencer, Lyle M and M. Spencer. 1993. Competence at Work, Models For Superior Performance. Canada: John Willey and Sons, Inc.
Sumardi. 2000. Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Grasindo.
Tarigan, Hendry Guntur. 1993. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Tartono. St. S. 2005. Menulis di Media Massa Gampang! Tips untuk Menulis di Media Massa Cetak. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
DOI: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.11.1.82--93.2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Puitika
Puitika | ISSN: 2580-6009 (Online)
Published by Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas
Email: puitika@hum.unand.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License